Text
Pengaruh strategi pembelajaran pakematik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran PAKEMATIK terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran PAKEMATIK terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X8 di SMA Negeri 19 Palembang yang berjumlah 37 peserta didik. Sampel dalam Penelitian ini merupakan penelitian Desain ekperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Quasi Experimental Design dengan bentuk Time Series Design, dimana dalam desain ini diberi pretest sampai 3 kali dengan maksud untuk mengetahui kestabilan sebelum diberi perlakuan. Desain ini hanya menggunakan satu kelompok saja, sehingga tidak memerlukan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, tes untuk melihat hasil belajar peserta didik dan observasi untuk melihat pelaksanaan strategi pembelajaran. Statistik yang digunakan adalah statistik parametris melalui F tabel dengan taraf signifikan (α=0,5) untuk menguji hipotesis. Setelah dilakukan pengujian terhadap hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran PAKEMATIK terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 19 Palembang. Dari penelitian tersebut, disarankan agar pendidik memberikan pembahasan mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan strategi pembelajaran dengan lebih spesifik sehingga dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran PAKEMATIK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi jauh lebih baik.
No copy data
No other version available