The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh metode porpe (predict, organize, rehearse, practice, evaluate) terhadap kemampuan memahami teks cerita pendek Siswa Kelas VII SMP N 6 Gelumbang

Text

Pengaruh metode porpe (predict, organize, rehearse, practice, evaluate) terhadap kemampuan memahami teks cerita pendek Siswa Kelas VII SMP N 6 Gelumbang

Amir Ahmad - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode PORPE terhadap
kemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 6
Gelumbang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu.
Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII.B sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 33 siswa dengan perlakuan metode pembelajaran
PORPE, dan kelas VII.C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa dengan
perlakuan metode pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data
menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan
kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 45,67 meningkat sebesar
11,54 menjadi 57,21 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 40,06
meningkat sebesar 8,68 menjadi 48,74 pada tes akhir. Dari hasil penelitian
menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas
kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel = 2,514 >
1,997 dengan df = 66 pada tingkat keberhasilan 95% ( =0.05). Karena thitung lebih
besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Ada
perbedaan kemampuan memahami teks cerita pendek antara siswa yang diajar
menggunakan metode PORPE dengan siswa yang diajar menggunakan metode
konvensional‖ dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan
bahwa metode pembelajaran PORPE berpengaruh terhadap kemampuan memahami
teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gelumbang.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.307 Ami p 2015
Publisher
Inderalaya : ., 2015
Collation
xiii, 51 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Metode belajar mengajar
Metode PORPE
Memahami teks cerita pendek
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search