Text
Penggunaan media flash card untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang
Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri 147 Palembang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media Flash Card. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas IV B SD Negeri 147 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 orang siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kerja yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil belajar siswa >60 dan ketuntasan kelas mencapai 85%. Pada siklus 1 diperoleh hasil belajar kognitif siswa dengan persentase 61,11%, sedangkan siklus 2 diperoleh nilai dengan persentase 88,89%. Dan hasil belajar ranah afektif dan psikomotor siswa pada siklus 1 berada pada kategori kurang aktif pada siklus 2 meningkat menjadi kategori aktif. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas dapat di ambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan pada guru kelas untuk menggunakan media Flash Card dalam pembelajaran IPS.
No copy data
No other version available