The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang dengan menggunakan media foto

Text

Upaya meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang dengan menggunakan media foto

Esti Ruta Hasih - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang dengan menggunakan media pembelajaran foto. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas tes tertulis dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 37 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media foto siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila mencapai nilai >60 atau suatu kelas dinyatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut terdapat 85% siswa yang mendapat nilai di atas 60. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes keterampilan menulis siswa yang menunjukkan peningkatan rata-rata nilai sebelum diberi tindakan adalah 55,48 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 48%, rata-rata nilai kemampuan menulis siklus I adalah 57,64 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 62%, rata-rata nilai kemampuan menulis siklus II adalah 66,54 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 81%, rata-rata nilai kemampuan menulis siklus III adalah 71,75 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91%. Nilai keaktifan siswa meningkat dalam setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase keaktifan siswa 50%. Pada siklus II meningkat sebesar 62%. Pada siklus III meningkat dengan persentase 68%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media foto pada keterampilan menulis deskripsi, hasil belajar siswa dapat meningkat, maka media foto ini dapat dijadikan alternatif pilihan bagi guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.623 07 Est u 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xii, 122 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.623 07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Menulis - Media Foto
Deskripsi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search