Text
Upaya meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang dengan menggunakan media foto
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang dengan menggunakan media pembelajaran foto. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas tes tertulis dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 37 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media foto siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila mencapai nilai >60 atau suatu kelas dinyatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut terdapat 85% siswa yang mendapat nilai di atas 60. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes keterampilan menulis siswa yang menunjukkan peningkatan rata-rata nilai sebelum diberi tindakan adalah 55,48 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 48%, rata-rata nilai kemampuan menulis siklus I adalah 57,64 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 62%, rata-rata nilai kemampuan menulis siklus II adalah 66,54 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 81%, rata-rata nilai kemampuan menulis siklus III adalah 71,75 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91%. Nilai keaktifan siswa meningkat dalam setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase keaktifan siswa 50%. Pada siklus II meningkat sebesar 62%. Pada siklus III meningkat dengan persentase 68%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media foto pada keterampilan menulis deskripsi, hasil belajar siswa dapat meningkat, maka media foto ini dapat dijadikan alternatif pilihan bagi guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.
No copy data
No other version available