Text
Peningkatan hasil belajar PKn melalui model mind mapping siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang
Masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 147 Palembang dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 147 Palembang melalui model Mind Mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 147 Palembang dengan jumlah 37 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakaan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil peningkatan hasil belajar siswa melalui melalui Model Mind Mapping Siswa Kelas IV SD Negeri 147 Palembang, pada Pra Siklus adalah (43,24%) lalu meningkat pada Siklus I (78,37%) dan pada Siklus II (89,18%). Artinya, ada peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 10,81 %. Rata-rata kelas meningkat dari 68,32 menjadi 73,74. Dalam hal ini terjadi peningkatan sebesar 5,42.
No copy data
No other version available