Text
Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 149 Palembang melalui media pembelajaran kartun
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penggunaan media pembalajaran kartun dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SDN 149 Palembang. Langkah-langkah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Penelitian berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IVb tahun ajaran 2012-2013 berjumlah 50 siswa, terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, analisis data berupa deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunakan media pembelajaran kartun dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, pada siklus I sebesar 56%, pada siklus ke II meningkat menjadi 86% atau 43 dari 50 siswa mencapai KKM yaitu 60. Sedangkan aktivitas siswa siklus I sebesar 59,7% dan siklus II 76,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa penggunakan media pembelajaran kartun dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IV SDN 149 Palembang. Adapun saran kepada guru kelas IV agar dapat menggunakan media pembelajaran kartun sebagai alternatif meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.
No copy data
No other version available