Text
Pola kegiatan menanya pada pembelajaran tematik terpadu berpendekatan saintifik pada tema Sejarah Peradaban Indonesia di Kelas VA SD Yayasan IBA Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan keterlibatan siswa dalam kegiatan menanya, mendeskripsikan peran dan keterlibatan guru dalam kegiatan menanya, mendeskripsikan bentuk pertanyaan yang diajukan siswa, dan mendeskripsikan bentuk pertanyaan yang diajukan guru di Kelas VA SD Yayasan IBA Palembang tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian adalah observasi dan wawancara sebagai tambahan. Hasil dari penelitian terlihat bahwa siswa menanya sebanyak 35,90% sedangkan guru bertanya sebanyak 64,10%. Ini menunjukkan bahwa siswa belum terlibat aktif dalam kegiatan menanya.guru lebih terlibat bertanya di dalam kegiatan pembelajaran. Tingkat pertanyaan yang diajukan siswa paling banyak adalah tingkat pertanyaan kognitif yang lebih rendah pada subtingkat pengetahuan.Sedangkan pertanyaan guru berada pada tingkat kognitif yang lebih tinggi pada tingkat analisis.
No copy data
No other version available