Text
Peningkatan hasil belajar IPS melalui model studen pasilitator and explaining (SFE) siswa kelas V SD Negeri 149 Palembang.
Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFE) kelas V di SD Negeri 149 Palembang. penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus,yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V G SD Negeri 149 Palembang yang berjumlah 32 orang. Dari data di atas dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa kelas VG SD Negeri 149 Palembang terjadi peningkatan nilai pra siklus 25 % yang tuntas. Pada Siklus 1 pertemuan pertama menjadi 28,12 %, pada siklus 1 pertemuan kedua menjadi 43,75 % siswa mencapai ketuntasan. Karena hasil penelitian siklus 1 belum mencapai ketuntasan maka perlu dilanjutkan pada siklus 2. Siklus 2 pertemuan pertama hasil belajarnya 65,62 %, karena ketuntasan yang sudah ditentukan yaitu 80 % maka dilanjutkan lagi dengan siklus 2 pertemuan kedua dengan hasil ketuntasan siswa yaitu 87,5 %. maka penelitian dengan menggunakan model Student Facilitator And Explaining (SFE) telah mencapai ketuntasan. Untuk rata-rata keaktifan siswa pada siklus 1 presentase mencapai 63,86 % maka pada siklus 2 meningkat menjadi 83,98 %. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Student Facilitator And Explaining (SFE) dapat meningkatkan motivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available