Text
Peningkatan hasil belajar IPA melalui model problem based instruction pada siswa kelas V SD Negeri 25 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN 25 Palembang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V.C SD Negeri 25 Palembang semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 23 orang siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai evaluasi setiap akhir pertemuan. Siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai 70 dan suatu kelas dinyatakan tuntas belajar apabila di kelas tersebut terdapat 85% siswa yang mendapat nilai 70 atau lebih. Hasil penelitian ini menunjukan, setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Instruction diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I yakni 76,65. Persentase keaktifan siswa dalam kelas pada siklus 1 pertemuan 1 yaitu 57% (kurang aktif), presentase keaftifan siswa dalam kelas pada siklus 1 pertemuan 2 yaitu 63 % (cukup aktif). serta ketuntasan belajar sebanyak 17 orang atau sebesar 73 %. Nilai rata-rata kelas pada siklus II mengalami peningkatan dibanding dengan siklus I, yaitu setelah dilakukan pembelajaran diperoleh nilai ratarata kelas pada siklus II yakni 82,54. Persentase keaktifan siswa dalam kelas pada siklus II peretemuan 1 yaitu 77% (aktif), presentase keaftifan siswa dalam kelas pada siklus II pertemuan 2 yaitu 85 % (sangat aktif). Serta ketuntasan belajar sebanyak 21 orang atau sebesar 91,3 %.
No copy data
No other version available