The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Peningkatan hasil belajar IPA melalui model problem based instruction pada siswa kelas V SD Negeri 25 Palembang

Text

Peningkatan hasil belajar IPA melalui model problem based instruction pada siswa kelas V SD Negeri 25 Palembang

Berti Rahmayanti - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDN 25 Palembang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V.C SD Negeri 25 Palembang semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 23 orang siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai evaluasi setiap akhir pertemuan. Siswa dinyatakan tuntas belajar bila mencapai nilai  70 dan suatu kelas dinyatakan tuntas belajar apabila di kelas tersebut terdapat 85% siswa yang mendapat nilai 70 atau lebih. Hasil penelitian ini menunjukan, setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Instruction diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I yakni 76,65. Persentase keaktifan siswa dalam kelas pada siklus 1 pertemuan 1 yaitu 57% (kurang aktif), presentase keaftifan siswa dalam kelas pada siklus 1 pertemuan 2 yaitu 63 % (cukup aktif). serta ketuntasan belajar sebanyak 17 orang atau sebesar 73 %. Nilai rata-rata kelas pada siklus II mengalami peningkatan dibanding dengan siklus I, yaitu setelah dilakukan pembelajaran diperoleh nilai ratarata kelas pada siklus II yakni 82,54. Persentase keaktifan siswa dalam kelas pada siklus II peretemuan 1 yaitu 77% (aktif), presentase keaftifan siswa dalam kelas pada siklus II pertemuan 2 yaitu 85 % (sangat aktif). Serta ketuntasan belajar sebanyak 21 orang atau sebesar 91,3 %.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.3507 Ber p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xiv, 77 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.3507
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
IPA- Hasil belajar
Model Problem Based Instruction
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search