Text
Penerapan strategi know,want to know, leadned untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 05 Inderalaya Ogan Ilir
Judul penelitian ini adalah Penerapan Strategi Know, Want to Know, Learned untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 05 Indralaya Ogan Ilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 05 Indralaya Ogan Ilir dengan menggunakan Strategi Know, Want to Know, Learned. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek siswa kelas VE SD Negeri 05 Indralaya tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 23 siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini dapat dicapai apabila siswa mendapat nilai KKM 65 dengan ketuntasan klasikal 80%. Berdasarkan hasil evaluasi membaca pemahaman, pada siklus I hanya …. Siswa atau ……% yang dinyatakan tuntas, sedangkan …. Siswa atau ….% belum mencapai ketuntasan, rata-rata kelas pada siklus I adalah …… Pada siklus II, sebanyak …. Siswa atau …..% yang dinyatakan tuntas, sedangkan …. Siswa atau ….% belum mencapai ketuntasan, ratarata kelas pada siklus II adalah ….. Artinya ada peningkatan ketuntasan belajar siwa sebesar …..%. Pada siklus III, sebanyak …. Siswa atau …..% yang dinyatakan tuntas, sedangkan …. Siswa atau ….% belum mencapai ketuntasan, rata-rata kelas pada siklus II adalah ….. Artinya ada peningkatan ketuntasan belajar siwa sebesar …..%. Rata-rata kelas meningkat dari …. Menjadi …., dalam hal ini terjadi peningkatan sebesar ….. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini, dapat diambil kesimpulan bahwa Strategi Know, Want to Know, Learned dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru kelas dapat menggunakan Strategi Know, Want to Know, Learned sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia.
No copy data
No other version available