Text
Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan model inkuiri bebas termodifikasi pemelajaran fisika kelas X SMA Negeri 1 Belitang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi yang disesuaikan dengan tujuan fisika yaitu merumuskan masalah, menguji hipotesis melalui percobaan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari- hari. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental design, pada penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan model inkuiri bebas termodifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua model yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada materi alat-alat optik, dari segi penguasaan konsep maupun keterampilan memecahkan masalah. Dalam hal ini, penerapan model inkuiri terbimbing diperoleh N-Gain (50,6%) lebih besar dibandingkan penerapan model inkuiri bebas termodifikasi NGain (27%). Hasil perhitungan dengan Uji U-test dalam pengujian hipotesis untuk data pree-test (Zhitung;1,986 Z tabel α/2 ;1,64) dan untuk data post-test diperoleh harga (Zhitung; 4,70 Z tabel α/2 ;1,96) dengan taraf signifikansi 5% berarti Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi Pembelajaran Fisika Kelas X Sma Negeri 1 Belitang. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan model inkuiri terbimbing dan model inkuiri bebas termodifikasi serta memberikan peningkatan hasil belajar pada materi alat- alat optik.
No copy data
No other version available