The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan model inkuiri bebas termodifikasi pemelajaran fisika kelas X SMA Negeri 1 Belitang

Text

Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan model inkuiri bebas termodifikasi pemelajaran fisika kelas X SMA Negeri 1 Belitang

Arini Rosa Sinensis - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi yang disesuaikan dengan tujuan fisika yaitu merumuskan masalah, menguji hipotesis melalui percobaan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari- hari. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental design, pada penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan model inkuiri bebas termodifikasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua model yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada materi alat-alat optik, dari segi penguasaan konsep maupun keterampilan memecahkan masalah. Dalam hal ini, penerapan model inkuiri terbimbing diperoleh N-Gain (50,6%) lebih besar dibandingkan penerapan model inkuiri bebas termodifikasi NGain (27%). Hasil perhitungan dengan Uji U-test dalam pengujian hipotesis untuk data pree-test (Zhitung;1,986 Z tabel α/2 ;1,64) dan untuk data post-test diperoleh harga (Zhitung; 4,70 Z tabel α/2 ;1,96) dengan taraf signifikansi 5% berarti Ha diterima, yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi Pembelajaran Fisika Kelas X Sma Negeri 1 Belitang. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan model inkuiri terbimbing dan model inkuiri bebas termodifikasi serta memberikan peningkatan hasil belajar pada materi alat- alat optik.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
530.7 Ari p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xi, 331 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
530.7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Fisik - Hasil Belajar
Inkuiri terbimbing
Inkuiri bebas termodifikasi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search