Text
Peningkatan keterampilan membaca cepat siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang melalui metode speed reading
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode Speed Reading pada pokok bahasan membaca cepat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berjumlah 29 orang, yaitu laki-laki 12 orang dan perempuan 17 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes yang terdiri atas tes keterampilan membaca, tes tertulis, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Speed Reading dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan membaca cepat, hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai presentase untuk hasil tes keterampilan membaca cepat pada prasiklus 17,24%, siklus I pertemuan pertama 31,03%, siklus I pertemuan kedua 48,27%, siklus I pertemuan pertama 48,27%, siklus II pertemuan pertama 62,02%, siklus II pertemuan kedua 79,31%, siklus III pertemuan pertama 75,86%, siklus III pertemuan kedua 89,65%. Membaca pemahaman siswa yaitu pada prasiklus sebesar 17,24% yang tuntas, siklus I sebesar 44,82%, pada siklus II nilai untuk hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 68,96% dan pada siklus III ketuntasan siswa sebesar 89,65%. Dan hasil observasi pada siklus I sebesar 61,78% (cukup aktif), siklus II 69,82 (aktif) dan siklus III sebesar 77,87% (aktif).
No copy data
No other version available