Text
Pengaruh strstegi discovery terhadap kemampuan menemukan nilai-naialai pada cerpen siswa kelas X SMA N 1 Belitang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh stategi discovery terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai pada cerpen siswa kelas X SMA N I Belitang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan desain the nonequivalent control groupdesign. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.2 dan X.4. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 76 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan cluster random sampling sehingga didapatlah rincian 38 siswa kelas X.2 sebagai kelompok kontrol dan 38 siswa kelas X.4 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai menemukan nilai-nilai pada cerpen. Teknik analisis data dengan teknik statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata tes awal menemukan nilai-nilai pada cerpen kelompok kontrol 24,61 dan kelompok eksperimen 40,53. Pada kelas kontrol tidak ada (0%) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 7,0 sedangkan kelas eksperimen 3 orang siswa (7,89%). Ini membuktikan bahwa hasil tes awal siswa relatif sama. Nilai rata-rata tes akhir menemukan nilai-nilai pada cerpen kelompok kontrol 67,50 dan kelompok eksperimen 73,42. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada kelompok eksperimen 32 orang siswa (84,2%) dan pada kelompok kontrol 21 orang siswa (55,2%). Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menemukan nilai-nilai pada cerpen siswa kelas X SMA N 1 Belitang kelompok eksperimen sebesar 32,89 poin. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thit > ttab atau 10,358 > 2,02 dengan df = 37 pada tingkat signifikansi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menemukan nilai-nilai pada cerpen antara siswa yang diajar menggunakan strategi discovery dan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi discovery berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menemukan nilai-nilai pada cerpen siswa.
No copy data
No other version available