The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada Siswa Kelas V SD Negeri 128 Palembang

Text

Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada Siswa Kelas V SD Negeri 128 Palembang

Desty Wulandari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penggunaan model Problem Based Learning di kelas V Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang yang berjumlahkan 35 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes akhir siklus menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase 54,28% (sedang). Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase 73,52% (tinggi). Lalu pada siklus III diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase 88,57% (sangat tinggi). Selain hasil belajar, berdasarkan observasi aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 56,27% (cukup aktif) pada siklus I, meningkat menjadi 63,20% (aktif) pada siklus II, dan kembali meningkat menjadi 70,95% (aktif) pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning hasil belajar dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru menggunakan model Problem Based Learning sebagai salah satu variasi yang digunakan dalam proses pembelajaran.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.107 Des p 2015
Publisher
Inderalaya : ., 2015
Collation
xvi, 103 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.107
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Hasil belajar
Materi Ajar IPS
Model Problem Based Learning
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search