The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh metode Pembelajaran Jeopardy Game Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Lahat

Text

Pengaruh metode Pembelajaran Jeopardy Game Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Lahat

Dewi Nofta Ria - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Jeopardy game dengan metode pembelajaran Who wants To Be A Smart Student terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Lahat tahun pelajaran 2013/2014?”. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimental bentuk Quasi-Experimental Design dengan design penelitian Nonequivalent control group design, perlakuan diberikan sebanyak empat kali pertemuan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Lahat yang terdiri dari 6 kelas tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 213 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatlah dua kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu menggunakan uji-t dengan tingkat signifikansi (α = 0,05) dimana hasil koefisien determinan sebesar 88,44% yang berarti hasil belajar peserta didik meningkat akibat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Jeopardy Game. Sedangkan 17,56% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan analisis data yang dilakukan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Jeopardy Game terhadap hasil belajar peserta didik, dimana hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,18 sedangkan tinterpolasi = 1,997. Dengan demikian thitung = 3,18 > tinterpolasi = 1,997 sehingga pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada pengaruh metode pembelajaran Jeopardy game terhadap hasil belajar peserta didik. Pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan berupa metode pembelajaran Jeopardy Game rata-rata hasil belajar peserta didik 80 dengan kategori baik, sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan berupa metode pembelajaran Who Wants To Be A Smart Student rata-rata hasil belajar peserta didik 70 dengan kategori cukup, jadi selisih antara keduanya adalah 10. Terlihat perbedaan pengaruh metode pembelajaran Jeopardy game pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol yang diberi perlakuan berupa metode pembelajaran Who Wants To Be A Smart Student .


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.360 7 Dew p 2014
Publisher
Inderalaya : ., 2014
Collation
xii, 76 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.360 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
hasil belajar peserta didik
Metode Belajar- Jeopardy Game
ho Wants To Be A Smart Student
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search