Text
Analisis sistem penilaian afektif pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri se -Kota palembang
Penelitian ini membahas tentang sistem penilaian afektif yang digunakan guru pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri Se-kota Palembang. Rumusan masalahnya adalah bagaimana sistem penilaian afektif pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri Se-kota palembang. Variabel penelitian ini adalah sistem penilaian afektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah dan guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri Se-kota Palembang yang masing – masing berjumlah 55 kepala sekolah dan 279 guru mata pelajaran IPS. Penarikan sampel menggunakan teknik sampel banyak tahap yang berjumlah 3 orang kepala sekolah dan 13 guru mata pelajaran IPS. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, angket serta dokumentasi. Data yang diperoleh diuji menggunakan triangulasi. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem penilaian afektif terdiri dari lima tahapan yaitu (1) perencanaan, guru telah melakukan perencanaan yang sangat baik dengan skor rata – rata 88,46% (2) pelaksanaan, guru telah melakukan pelaksanaan yang sangat baik dengan skor rata – rata 81,99% (3) menganalisis, guru telah melakukan analisis hasil yang sangat baik dengan rata – rata 92,44%, (4) penindaklanjutan hasil penilaian, guru telah melakukan analisis yang sangat baik dengan rata – rata 85,89% dan (5) pelaporan, tahapan ini telah dilakukan guru dengan baik yang memiliki rata – rata 72,52%. Adapun saran dari hasil penelitian ini adalah agar guru tetap melaksanakan penilaian afektif sesuai dengan prosedural yang ada agar bisa melakukan penilaian yang tepat dan benar.
No copy data
No other version available