Text
Pengaruh media pembelajaran macromedia fireworks terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh media macromedia fireworks dengan pengaruh media Microsoft powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian menggunakan True Experimental Design dengan bentuk Pretest – Posttest Control Group Design dengan perlakuan sebanyak tiga kali pertemuan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas X semester 1 Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara, yang terdiri dari 4 kelas tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan random dengan teknik Cluster Random Sampling dan didapat lah dua kelas yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas X.2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh menggunaka tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisis data tes yaitu uji t dengan taraf signifikan (α – 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan media Macromedia Fireworks dengan media Microsft powerpoit terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 indralaya Utara. Berdasarkan analisis data tes yang dilakukan, hasil uji t menunjukan bahwa nilai thitung = 6,6 sedangkan ttabel = 3,841 (thitung =6,6 > ttabel =3,841) sehingga pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari rerata hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen sebelum dapat perlakuan rerata pretes hasil belajar 43,12 sedangkan setelah mendapat perlakuan rerata posttest meningkat menjadi 89,19 dengan selisih sebesar 46,07. Pada kelas kontrol sebelum mendapat prilakuan rerata hasil belajar siswa sebsar 39,56 sedangkan setelah mendapat perakuan rerata hail belajar siswa menjadi 79,53 dengan selisih 39,97. Berdasarkan data hasil obeservasi pada kelas eksperimen dan kelas control rerata skor nilai observasi selama tiga kali pertemuan yaitu 92,16% sehingga dapat diinterprestasikan aktifitas pembelajaran yang dilakukan peneliti sangat baik. Artinya, terbukti terdapat perbedaan pengaruh dengan hasil belajar siswa melalui media macromedia fireworks. Disarankan kepada guru ntuk menerapkan media macromedia fireworks sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available