Text
Impelementasi Nilai-nilai Budi Pekerti pada Pembelajaran IPS dalam Membentuk Sikap Peserta Didik di SMP Negeri Sekota Pagar Alam
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi nilai-nilai budi pekerti pada pembelajaran IPS dalam membentuk sikap peserta didik di SMP Negeri Se-Kota Pagar Alam, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana guru mengimplementasikan nilai-nilai budi pekerti pada pembelajaran IPS dalam membentuk sikap peserta didik di SMP Negeri Se-Kota Pagar Alam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS yang mengajar di kelas VIII yang berjumlah 38 orang dari 9 SMP Negeri. Sampel diambil dengan pertimbangan tertentu, sampel diambil mewakili kecamatan yaitu kecamatan Dempo Selatan dan Pagar Alam Selatan, maka diperoleh sampel 6 guru IPS yang mengajar di kelas VIII. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara terstruktur, observasi, dokumentasi, dan angket. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui apakah guru sudah menanamkan nilai dalam proses pembelajaran, jika hasil wawancara menunjukkan guru sudah menanamakan nilai pada proses pembelajaran, maka peneliti mendokumentasikan RPP guru selama dua kali pertemuan untuk mengetahui nilai apa saja yang akan diintegrasikan, selanjutnya melakukan observasi pada proses pembelajaran untuk melihat bagaimana nilai tersebut diingtegrasikan kepada peserta didik. Sedangkan angket diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui sikap apa yang terbentuk setelah mengikuti pembelajaran dikelas. Berdasarkan data dokumentasi RPP dari 6 guru IPS yang diteliti menujukan nilai yang diintegrasikan semua sama yaitu nilai disipilin, rasahormat, tekun, tanggungjawab, dan ketelitian. Sedangkan dari hasil observasi untuk melihat bagaimana nilai-nilai budi pekerti diintegrasikan pada proses pembelajaran terlaksana dengan cukup baik dengan rerata57,38%, Hasil angket peserta didik menunjukan dari 8 sikap yang diteliti, 4 sikap diantaranya sikap jujur, tanggungjawab, gotongroyong, dan percaya diri yang memiliki kriteria kurang baik dan dikategorikan belum terbentuk pada peserta didik, sedangkan sikap spiritual, disiplin, toleransi, sopan dan santu dikategorikan sudah terbentuk pada peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa implemtasi nilai-nilai budi pekerti pada pembelajaran IPS dalam membentuk sikap peserta didik di SMP Negeri Se-Kota Pagar Alam telah telaksana dengan cukup baik.
No copy data
No other version available