Text
Pengembangan soal cerita pada materi geometri kelas VII
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal cerita yang valid dan praktis, serta memiliki efek potensial yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan dua tahap yaitu preliminary dan formative evaluation. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII 8 SMP Negeri 1 Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah walk through untuk mengetahui kevalidan dari soal cerita dan kevalidan soal juga tergambar dari hasil analisis butir soal pada siswa non subjek penelitian, dokumentasi untuk mengetahui kepraktisan dari soal cerita dan tes untuk mengetahui efek potensial berupa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Valid didapatkan bahwa soal cerita yang telah dikembangkan telah sesuai secara konten, konstruk dan bahasa. Praktis didapatkan dari hasil uji coba pada tahap small group yaitu dimana soal cerita yang telah dikembangkan mudah dipakai oleh pengguna dan mudah digunakan oleh siswa. Hasil field test didapatkan bahwa soal cerita yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII yaitu munculnya langkah-langkah dan keberagaman strategi pemecahan masalah matematika pada jawaban siswa. Hal ini sesuai dengan hasil field test tersebut didapatkan 47,8% termasuk dalam kategori sangat baik dan 30,4% termasuk dalam kategori baik.
No copy data
No other version available