Text
Analisis sikap siswa dalam pembelajaran fisika pada kelas X SMA Negeri 13 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa kelas X SMA N 13 Palembang terhadap pembelajaran fisika. Populasi pada penelitian ini adalah Kelas X yang telah mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan pendekatan saintifik. Peneliti melakukan penelitian pada kelas IMS (Ilmu Matematika dan Sains) dengan sampel penelitian kelas X IMS 3 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode yang mengarah ke studi kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket (penilaian diri dan penilaian antar peserta didik), jurnal kegiatan pembelajaran, dan wawancara. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sikap ilmiah siswa SMA N 13 Palembang berkategori baik, dengan perincian kategori dari masing-masing dimensi sikap ilmiah sebagai berikut: sikap ingin tahu dan berpikir kritis berkategori baik; sikap respek terhadap data/fakta (objektif/jujur) berkategori baik; sikap teliti, cermat, dan hati-hati berkategori sangat baik; sikap tekun berkategori baik; sikap bertanggung jawab berkategori baik; sikap berpikiran terbuka dan kerjasama berkategori baik; dan sikap kreatif dan inovatif berkategori cukup.
No copy data
No other version available