Text
Pengaruh strategi pemebelajaran demontrasi diam terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri II Palembang
Pembelajaran demonstrasi diam dengan strategi pembelajaran demonstrasi kecakapan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian dilakukan adalah jenis True Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XII IPS di SMA Negeri 11 Palembang yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 152 peserta didik. Teknik pengambilan sampel diambil menggunakan Cluster Random Sampling sehingga terpilih kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi, pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran demonstrasi diam dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan, tes di berikan pada pertemuan ke 3 untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik selama diberi perlakuan. Statistik yang di gunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansinya (α = 0,05) atau 5% dan derajat kebebasan (dk = n1 + n2 - 2). Berdasarkan analisa data yang di lakukan perhitungan uji-t didapat t hitung > t tabel yaitu t hitung sebesar 3,928 > ttabel sebesar 3,7. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya bahwa ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran demonstrasi diam dengan strategi pembelajaran demonstrasi kecakapan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Palembang. Strategi pembelajaran demonstrasi diam dapat di jadikan alternatif yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
No copy data
No other version available