Text
Pengaruh pembelajaran mobile learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN. 15 Palembang
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembelajaran Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang “. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh yang signifikan pembelajaran mobile learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang ? Sedangkan tujuannya untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran mobile learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Hipotesis dari penelitian ini yaitu Ha : Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran mobile learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang dan Ho : Tidak ada pengaruh yang signifikan pembelajaran mobile learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 15 Palembang tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 385 siswa. Sedangkan sampelnya yaitu kelas X1 yang berjumlah 37 orang. Rancangan eksperimen dalam penelitian ini menggunakan pre-experimental design. Desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang indikatornya sesuai dengan langkah-langkah pada RPP yang dibuat peneliti dan tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar siswa yang dilakukan pada saat sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan selama tiga kali pertemuan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Dari hasil pengujian uji signifikansi media pembelajaran mobile learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang sebesar 37,82% dan sisanya 62,18% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengujian hipotesis data tes didapat thitung 17,45 ttabel 1,6. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.
No copy data
No other version available