Text
Pelaksanaan konseling kelompok teknik rasional emotif dalam upaya meningkatkan motivasi belajar mandiri siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Palembang
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar mandiri siswa melalui konseling kelompok teknik rasional emotif di SMP Negeri 17 Palembang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, dengan subjek penelitian berjumlah 6 orang, data diambil dengan menggunakan skala motivasi belajar mandiri dan lembar observasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif kualitatif yang diklasifikasikan menjadi kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, sangat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik rasional emotif dapat meningkatkan motivasi belajar mandiri siswa. Sebelum dilakukannya tindakan, hasil skala motivasi belajar mandiri siswa dalam kategori rendah. Pada saat dilakukannya konseling kelompok teknik rasional emotif pada siklus pertama hasil skala motivasi belajar mandiri siswa meningkat menjadi sedang, Kemudian pada saat dilakukannya konseling kelompok teknik rasional emotif pada siklus kedua, motivasi belajar mandiri siswa meningkat lagi menjadi kategori tinggi. Dengan demikian, kegiatan layanan konseling kelompok teknik rasional emotif dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar mandiri siswa
No copy data
No other version available