Text
Pengembangan instrumen penilaian keterampilan proses sains mata pelajaran kimia pada kompetensi dasar titrasi asam basa di SMA
Penelitian pengembangan yang dilakukan di SMAN 1 Indralaya Utara ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan proses sains mata pelajaran kimia pada kompetensi dasar titrasi asam basa yang memiliki kriteria valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough, angket, dan tes Keterampilan Proses Sains. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui saran dan komentar ahli terhadap instrumen penilaian keterampilan proses sains yang telah dikembangkan, pemberian angket bertujuan untuk mengetahui kepraktisan instrumen penilaian, dan tes bertujuan untuk mengetahui keefektifan instrumen penilaian. Rata-rata skor validasi yang diperoleh adalah 3,89. Persentase skor angket pada tahap one-to-one evaluation adalah 86,66% dan persentase skor angket pada tahap small group adalah 93,46%. Hasil penilaian praktikum adalah 84,52 dan 81,40. Sebanyak 96% dari 25 siswa mendapatkan nilai melebihi KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan proses sains mata pelajaran kimia pada kompetensi dasar titrasi asam basa telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
No copy data
No other version available