Text
Peningkatan hasil belajar pkn melalui model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan siswa kelas IV SD Negeri 24 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Palembang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Analisis data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil belajar yang dicapai siswa pada Pra Siklus yaitu 19,44%, Siklus I Pertemuan 1 yaitu 36,11%, Siklus I Pertemuan 2 yaitu 52,78%, Siklus II Pertemuan 1 yaitu 77,78%, dan Siklus II Pertemuan 2 yaitu 88,89%. Hasil analisis data aktivitas siswa pada Siklus I Pertemuan 1 adalah 52,43%, Siklus I Pertemuan 2 adalah 58,50%, Siklus II Pertemuan 1 adalah 64,58%, dan Siklus II Pertemuan 2 adalah 76,39%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri 24 Palembang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dalam proses belajar mengajar.
No copy data
No other version available