The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) fisiak model inkuiri terbimbing untuk kelas XI SMA 2 Tanjung Raja

Text

Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) fisiak model inkuiri terbimbing untuk kelas XI SMA 2 Tanjung Raja

Ina Rusnani - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Proses pembelajaran fisika melalui kegiatan praktikum di SMAN 2 Tanjung Raja belum terlaksana sepenuhnya. Hal ini dikarenakan bahan ajar berupa LKS untuk praktikum belum tersedia meski peralatan laboratorium cukup lengkap. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian yang berjudul Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Kelas XI SMAN 2 Tanjung Raja. Peneliti bertujuan untuk mengembangkan LKS yang baik dan berkualitas berdasarkan kriteria valid, praktis dan efektif sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar di SMA tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Development Research) dengan mengadaptasi model pengembangan yang sudah ada dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yaitu model 4-D yang dikemukakan oleh S. Thiagarajan, dkk tanpa tahap disseminate (penyebaran). Uji kelas sesungguhnya dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Tanjung Raja semester genap tahun pelajaran 2012/2013 pada materi fluida statis dengan jumlah siswa 24 orang. Data yang digunakan berupa validasi ahli oleh dosen dan guru fisika, observasi aktivitas siswa, angket tanggapan siswa dan tes hasil belajar. Rata-rata hasil validasi produk LKS sebesar 3,74, artinya produk LKS termasuk dalam kriteria valid dan dapat digunakan (praktis) dengan sedikit revisi. Persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 70,2% artinya produk LKS praktis ketika digunakan dalam pembelajaran fisika. Hasil angket menunjukkan 100% respon siswa termasuk kriteria sangat kuat. Dengan kata lain, respon siswa positif sehingga produk LKS dapat dikatakan efektif digunakan sebagai bahan ajar. Ketuntasan belajar siswa dari segi kognitif sebesar 67% artinya produk LKS kurang efektif. Namun dari segi psikomotorik, produk LKS efektif karena sebanyak 100% siswa telah tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 86,65. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk LKS yang dikembangkan sudah baik dan berkualitas sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar materi fluida statis kelas XI SMAN 2 Tanjung Raja.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
530.07 Ina p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
viii, 112 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
530.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
model inkuiri terbimbing
lembar kerja siswa
Fisika (lks)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search