Text
Pengaruh penerapan pendekatan savi terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Raja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Raja. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian non equivalent (pretest and posttest) control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 1 Tanjung Raja. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 76,159 dan kelas kontrol adalah 68,928. Nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan kedua varians tergolong homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa t(hitung) (3,041) > t(tabel) (2,000). Hasil analisis data observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 77,067% dan kelas kontrol 57,38%. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas siswa. Berdasarkan uji statistik, dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Raja.
No copy data
No other version available