Text
Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siwa kelas IV SD Negeri 28 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang dalam pembelajaraan bahasa Indonesia melalui model pembelajaraan bermain peran (role playing model)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 28 Tebing Tinggi Empat Lawang melalui model pembelajaran bermain peran (role playing model). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam 3 siklus, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes pada setiap siklus, diperoleh hasil belajar sebagai berikut. Pelaksanaan siklus 1 diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sebanyak 9 siswa atau 60%, pelaksanaan siklus II diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sebanyak 12 siswa atau 80%, dan pada siklus III diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sebanyak 13 atau 86,67%. Demikian pula dengan data observasi. Pada tindakan siklus I, siswa yang aktif sebanyak 9 orang atau 60%, pada siklus II siswa yang aktif sebanyak 12 siswa atau 80%, dan pada siklus III siswa yang aktif sebanyak 14 atau 93,33%. Akhirnya kesimpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran pembelajaran bermain peran (role playing model). Perlu terus dikembangkan dan diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.
No copy data
No other version available