Text
Pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan menullis karangan narasi siswa kelas XSMA Negeri 9 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pendekatan Konstruktivisme berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 9 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eskperimen research) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 80 orang siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, peneliti menggunakan Cluster Random Sampling dengan perincian 40 orang siswa kelas X.C sebagai kelas eksperimen dan 40 orang kelas XD sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik wawancara dan teknik tes berupa tes keterampilan menulis karangan narasi. Teknik analisis data menggunakan program komputer SPSS 20 (Statistical Product and Service Solution) uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelas eksperimen nilai tertinggi tes akhir adalah 91 dan nilai terendah tes akhir adalah 70, dengan nilai rata-rata 81,275. Sebaliknya, pada kelas kontrol nilai tertinggi tes akhir adalah 77 dan nilai terendah adalah 43, dengan nilai rata-rata 56,825. peningkatan rata-rata nilai kelas eksperimen pada tes awal 52,05 menjadi 81,275 pada rata-rata tes akhir. Peningkatan rata-rata kelas eksperimen antara tes awal dengan tes akhir sebesar 29.225. Berbeda halnya dengan kelas kontrol yang hanya mengalami peningkatan sebesar 12,925 dengan rata-rata tes awal 43,90= dan rata-rata tes akhir 56,825. Selain itu, pengujian uji t yang dilakukan peneliti menunjukkan thitung ˃ ttabel atau 12,099 >1,991 dengan df=78 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis karangan narasi siswa yang di ajar menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang di ajar menggunakan pendekatan tradisional.” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menulis karangan narasi siswa.
No copy data
No other version available