Text
Keefektifan metode surtabaku dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMPN. 6 Kayuagung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Surtabaku dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kayuagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa dengan rincian 32 siswa kelas VII.3 (kelompok eksperimen) yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Surtabaku dan 32 siswa kelas VII.5 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, yaitu tes objektif berjumlah 15 butir soal. Sedangtkan teknik analisis data menggunakan program komputer SPSS 19 (Statistical Product and Service Solution) uji t. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan rata-rata skor siswa kelas eksperimen dai skor rata-rata pretes sebesar 62,25 menjadi 80,63. skor rata-rata siswa kelas kontrol juga meningkat namun tidak mengalami lonjakan seperti pada kelas eksperimen. Rata-rata pretes kelas kontrol adalah 58,66 dan rata-rata postes yang diperoleh kelas kontrol adalah 66,41. Rata-rata hasil skor siswa kelas eksperimen sebesar 18,38, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 7,75. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Surtabaku lebih efektif dibandingkan model konvensional bila diterapkan dalam pembelajaran mambaca pemahaman bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Kayuagung.
No copy data
No other version available