Text
Pelaksanaan konseling individual dengan teknik applied behavioral analysis untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa "R" kelas XI di SMA N 9 Palembang
Penelitian Ini Berjudul Pelaksanaan Konseling Individual Dengan Teknik Applied Behavioral Analysis Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa “R” Kelas XI Di SMA Negeri 9 Palembang. Masalah yang dijawab dalam penelitian ini adalah apakah melalui konseling indivudual dengan teknik applied behavioral analysis dapat meningkatkan disiplin belajar di Sekolah Menengah Atas 9 Palembang. Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui teknik applied behavioral analysis dapat meningkatkan disiplin belajar pada siswa “R” di SMA Negeri 9 Palembang. Adapun metodelogi penelitian ini menggunakan PTBK dengan subjek penelitian berjumlah 1 orang termasuk dalam kategori perilaku disiplin belajar yang rendah. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif kemudian diklasifikasikan menjadi kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian tindakan menunjukan bahwa konseling individual dengan teknik applied behavioral analysis dapat meningkatan disiplin belajar siswa “R”. Skor perilaku disiplin belajar siswa “R” sebelum tindakan yaitu 23 dalam kategori rendah. Setelah tindakan siklus pertama dilakukan skor perilaku disiplin belajar siswa “R” bertambah menjadi 37 dalam kategori sedang. Selanjutnya setelah tindakan siklus kedua skor perilaku disiplin belajar siswa “R” semakin bertambang menjadi 49 dalam ketegori tinggi. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa teknik applied behavioral analysis dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin belajar pada siswa “R”.
No copy data
No other version available