The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD N 02 Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir menggunakan strategi pq4r

Text

Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD N 02 Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir menggunakan strategi pq4r

Mesa Almarisa Putri - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir melalui strategi PQ4R dan untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, berjumlah 39 siswa terdiri dari 17 perempuan dan 22 lakilaki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan stretegi PQ4R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan membaca pemahaman, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal adalah 85% dan siswa dinyatakan tuntas belajar apabila mencapai nilai ≥ 70 yang telah ditetapkan sekolah. Hasil penelitian sebelum diadakan tindakan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 46,67 dengan ketuntasan belajar 25,64%. Siklus I rata-rata 58,72 dengan persentase 56,41% dan Siklus II rata-rata 72,95 dengan persentase 89,74%. Sedangkan hasil persentase keaktivan siswa di kelas dengan menggunakan strategi PQ4R pada siklus I 57,85% dan pada siklus II terjadi peningkatan 81,73%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca dengan menggunakan Strategi PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SDN 02 Indralaya Utara Ogan Ilir.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.450 7 Mes u 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xiv, 157 hl. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.450 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Strategi Preview
Question
Strategi keterampilan membaca
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search