Text
Upaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD N 02 Inderalaya Utara Kabupaten Ogan Ilir menggunakan strategi pq4r
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir melalui strategi PQ4R dan untuk memperbaiki proses pembelajaran membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 02 Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, berjumlah 39 siswa terdiri dari 17 perempuan dan 22 lakilaki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan stretegi PQ4R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok bahasan membaca pemahaman, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal adalah 85% dan siswa dinyatakan tuntas belajar apabila mencapai nilai ≥ 70 yang telah ditetapkan sekolah. Hasil penelitian sebelum diadakan tindakan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 46,67 dengan ketuntasan belajar 25,64%. Siklus I rata-rata 58,72 dengan persentase 56,41% dan Siklus II rata-rata 72,95 dengan persentase 89,74%. Sedangkan hasil persentase keaktivan siswa di kelas dengan menggunakan strategi PQ4R pada siklus I 57,85% dan pada siklus II terjadi peningkatan 81,73%. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca dengan menggunakan Strategi PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SDN 02 Indralaya Utara Ogan Ilir.
No copy data
No other version available