Text
Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN. 42 Palembang melalui model kooperatif kancing gemerincing
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui materi berbalas pantun dengan menggunakan Model Kooperatif Kancing Kemerincing pada siswa kelas IV B SD Negeri 42 Palembang dengan jumlah siswa 31 orang yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan bentuk tes keterampilan berbicara dan observasi. Indikator yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan adalah siswa memperoleh nilai ≥ 75 dan ketuntasan belajar 85%. Berdasarkan data rata-rata hasil keterampilan berbicara yang didapat pada Siklus I sebesar 69,71 dengan persentase 54,83%. Kemudian Siklus II sebesar 76,38 dengan persentase 80,64%, dan Siklus III sebesar 82,58 dengan persentase 93,54%. Terlihat bahwa setiap siklus pembelajaran terjadi peningkatan. Peningkatan hasil rata-rata siswa ini juga didukung dengan persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang terjadi peningkatan. Pada Siklus I rata-rata aktivitas siswa sebesar 59,94% (cukup) menjadi 77,68% (baik) pada Siklus II, kemudian menjadi 81,72 (sangat baik) pada Siklus III. Berdasarkan peningkatan hasil tes keterampilan berbicara dan hasil observasi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui Model Kancing Kooperatif Gemerincing dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan dapat di terapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia.
No copy data
No other version available