Text
Penerapan layanan dasar bimbingan akademik terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis Student Team Achievement Divisions ( STAD) di Kelas V SD Negeri 130 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan layanan bimbingan akademik terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar dan hasil bimbingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen Designs dengan menggunakan bentuk One Group Pretest-Posttest Designs. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 130 Palembang dengan jumlah 39 siswa. Prosedur penelitian ini dilaksanakan (1) tahap persiapan yaitu observasi, menentukan subjek, perangkat pembelajaran, melakukan validitas instrument, menentukan kelompok siswa; (2) tahap pelaksanaan yaitu tes awal (pretest), memberikan perlakuan, dan tes akhir (posttest); (3) Tahap analisis data yaitu pengolahan analisis data hasil tes dan angket serta menyimpulkan hasil analisis data tes dan angket. Hasil Analisis data menggunakan uji hipotesis teknik Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh positif yang secara signifikan hasil belajar terhadap penerapan layanan bimbingan akademik (ttabel =-5.51 < thitung=271) dan terdapat pengaruh positif yang secara signifikan hasil bimbingan terhadap penerapan layanan bimbingan akademik (ttabel = -6.25 < thitung=271). Dalam penelitian ini peneliti menyimpulkan penerapan layanan dasar bimbingan akademik terpadu dalam pembelajaran IPA berbasis Student Team Achiement Division (STAD) terdapat pengaruh positif antara hasil belajar dan hasil bimbingan.
No copy data
No other version available