Text
Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemecahan siswa kelas IV SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir melalui metode SQ3R
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kemampuan membaca melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R pada membaca pemahaman. Strategi SQ3R merupakan salah satu bagian strategi elaborasi yang meliputi langkah-langkah survey, question, read, recite, and review yang mempunyai tujuan untuk membantu siswa mengingat apa yang siswa baca dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes yang terdiri atas tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran keterampilan membaca hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai persentase untuk hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa yaitu rata-rata nilai kemampuan membaca siklus I adalah 66,8 dengan persentase ketuntasan belajar 56% dan keaktifan membaca siswa sebesar 5,96%. Dan nilai rata-rata kemampuan membaca siklus II adalah 74,8 dengan ketuntasan belajar 88% dan keaktifan belajar 7,44. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran membaca meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 2 BayatIlir.Mengingatpenggunaanstrategi SQ3R dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa, maka strategi ini dapat dijadikan alternative bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar.
No copy data
No other version available