The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemecahan siswa kelas IV SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir melalui metode SQ3R

Text

Upaya meningkatkan kemampuan membaca pemecahan siswa kelas IV SD Negeri 2 Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir melalui metode SQ3R

Naely Rakhmawati - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kemampuan membaca melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R pada membaca pemahaman. Strategi SQ3R merupakan salah satu bagian strategi elaborasi yang meliputi langkah-langkah survey, question, read, recite, and review yang mempunyai tujuan untuk membantu siswa mengingat apa yang siswa baca dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes yang terdiri atas tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran keterampilan membaca hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai persentase untuk hasil tes keterampilan membaca pemahaman siswa yaitu rata-rata nilai kemampuan membaca siklus I adalah 66,8 dengan persentase ketuntasan belajar 56% dan keaktifan membaca siswa sebesar 5,96%. Dan nilai rata-rata kemampuan membaca siklus II adalah 74,8 dengan ketuntasan belajar 88% dan keaktifan belajar 7,44. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran membaca meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 2 BayatIlir.Mengingatpenggunaanstrategi SQ3R dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa, maka strategi ini dapat dijadikan alternative bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372. 407 Nae u 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
72 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372. 407
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Membaca
Keterampilan Membaca
Metode Survey
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search