Text
Peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Tebing Tinggi dalam menentukan unsur intrinsik pada Dongeng melalui media Audio Visual
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Tebing Tinggi Empat Lawang dalam menentukan unsur intrinsik pada dongeng menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang yang berjumlah 19 siswa, tehnik penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah PTK. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan observasi dan tes pada setiap siklus, Hasil penelitian ini menyatakan bahwa melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menentukan unsur intrinsik dalam cerita dongeng. Berdasarkan hasil tes awal (prasiklus), persentase keberhasilan hasil belajar mencapai 21,05% dan dikategorikan rendah. Pada siklus I setelah peneliti menggunakan media audio visual diperoleh hasil observasi keaktifan siswa sebanyak 57,89% dan dikategorikan aktif, sedangkan persentase keberhasilan hasil belajar mencapai 57,89% dan dikategorikan sedang. Kemudian peneliti melanjutkan ke siklus II, diperoleh hasil observasi keaktifan siswa sebanyak 89,47% dan dikategorikan sangat aktif, persentase keberhasilan hasil belajarpun meningkat menjadi 89,47% dan dikategorikan sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menentukan unsur intrinsik dalam cerita dongeng di kelas IV SD Negeri 6 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Kata Kunci: Hasil belajar Bahasa Indonesia, Media Audio Visual.
No copy data
No other version available