Text
Upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media berbasis microsoft office power point pada siswa Kelas IV SD Negeri 24 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV SDN 24 Indralaya melalui media berbasis microsoft office power point. Prosedur pada penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik (1) observasi untuk melihat tingkat aktifitas siswa dan (2) tes untuk melihat tingkat keberhasilan siswa. Hasil penelitian siklus I menunjukkan siswa termasuk dalam kriteria siswa aktif adalah 48,43% pada pertemuan pertama dan 57,15% pada pertemuan kedua, dan dari 28 orang siswa yang diberi tindakan terdapat 18 siswa atau 64,28% yang mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian siklus II menunjukkan siswa termasuk dalam kriteria siswa aktif adalah 67,85% pada pertemuan pertama dan 71,43% pada pertemuan kedua. dan terdapat 22 siswa atau 78,58% siswa yang menacapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian siklus III menunjukan siswa termasuk dalam kreteria siswa aktif adalah 85,71% pada pertemuan pertama dan 89,28% pada pertemuan kedua dan terdapat 25 siswa atau 89,28% yang mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penelitian tercapai, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa media berbasis microsoft office power pointdapat meningkatkan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available