Text
Penerapan model pembelajaran index Card Match untuk Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 14 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa
melalui model pembelajaran Index Card Match di kelas X SMA Negeri 14
Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Rata-rata
keaktifan siswa meningkat dari siklus I 53,27% menjadi 62,73% pada siklus II dan
68,36% pada siklus III. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan hasil
belajar siswa yang meningkat dari 7,89% sebelum tindakan (T0) menjadi 54,55%
pada siklus I kemudian 61,9% pada siklus II dan 92,86% pada siklus III. Hasil
penelitian menunjukan terjadinya peningkatan pada keaktifan dan hasil belajar siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Index
Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
No copy data
No other version available