The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh strategi directed reading thinking activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang

Text

Pengaruh strategi directed reading thinking activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang

Mita Febrina - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh atau tidak dibandingkan dengan strategi pembelajaran yang sering digunakan oleh guru terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 77 orang dengan rincian 38 orang siswa kelas X IPS 4 (kelompok eksperimen) mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan 39 orang siswa kelas X IPS 5 (kelompok kontrol) mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran yang sering digunakan guru. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan program komputer SPSS 20 (Statistical Product and Service Solution). Taraf signifikan 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes awal (pretes) membaca pemahaman kelompok eksperimen sebesar 58,3158 dan kelompok kontrol sebesar 53,1282. Nilai rata-rata tes akhir (postes) membaca pemahaman kelompok eksperimen sebesar 72,9000 dan kelompok kontrol sebesar 58,1538. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang. Dengan demikian Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar menggunakan strategi DRTA dengan siswa yang diajar menggunakan strategi yang sering digunakan guru dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang. (μ1=μ2).


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.407 Mit p 2014
Publisher
Inderalaya : ., 2014
Collation
xii, 61 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.407
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Kemampuan Membaca
pengaruh
Strategi DRTA
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search