Text
Pengaruh strategi directed reading thinking activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berpengaruh atau tidak dibandingkan dengan strategi pembelajaran yang sering digunakan oleh guru terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 77 orang dengan rincian 38 orang siswa kelas X IPS 4 (kelompok eksperimen) mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan 39 orang siswa kelas X IPS 5 (kelompok kontrol) mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran yang sering digunakan guru. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t dengan bantuan program komputer SPSS 20 (Statistical Product and Service Solution). Taraf signifikan 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes awal (pretes) membaca pemahaman kelompok eksperimen sebesar 58,3158 dan kelompok kontrol sebesar 53,1282. Nilai rata-rata tes akhir (postes) membaca pemahaman kelompok eksperimen sebesar 72,9000 dan kelompok kontrol sebesar 58,1538. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang. Dengan demikian Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar menggunakan strategi DRTA dengan siswa yang diajar menggunakan strategi yang sering digunakan guru dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Palembang. (μ1=μ2).
No copy data
No other version available