The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penilaian Kapabilitas Layanan Sistem Informasi Service Desk Ti Menggunakan Cobit 5 Dan Itil V3 2011 (Studi Kasus: Pt Bukit Asam Tbk)

Text

Penilaian Kapabilitas Layanan Sistem Informasi Service Desk Ti Menggunakan Cobit 5 Dan Itil V3 2011 (Studi Kasus: Pt Bukit Asam Tbk)

Saras Dhilarofii Russandwi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Pelayanan di PT Bukit Asam Tbk menerapkan dan memanfaatkan teknologi
informasi dalam melakukan proses operasional. Salah satu proses operasional
dalam bentuk layanan yaitu Sistem Informasi Service Desk TI yang digunakan
untuk mencatat dan memonitor keluhan atau permasalahan user (pegawai) PT Bukit
Asam Tbk. Kendala yang terjadi, sistem informasi ini belum berjalan dengan
optimal karena masih sering terjadi keluhan atau permasalahan, user langsung
menghubungi teknisi sehingga menyebabkan data tidak ter-record. Maka dari itu
dilakukan penilaian kapabilitas menggunakan COBIT 5 dan ITIL V3 2011.
Penilaian kapabilitas adalah mengukur kemampuan dari organisasi, departemen,
orang dan sistem untuk mencapai tujuannya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini dengan melakukan wawancara dan pembagian kuesioner sesuai RACI
chart. Hasil dari pengukuran dan penilaian kapabilitas dengan melakukan pemetaan
COBIT 5 dan ITIL V3 2011 yang difokuskan pada service operation, didapatkan 4
proses yaitu DSS01 (mengelola operasi), DSS02, (mengelola permintaan layanan
dan insiden), DSS03 (mengelola masalah) dan DSS06 (mengelola kontrol proses
bisnis) dengan hasil rata-rata berada pada level 2 (managed process). Rekomendasi
untuk dapat naik ke level 3 (established process) yaitu tujuan bisnis yang telah
dibangun harus diimplementasikan dengan terdefinisi agar tujuan proses tersebut
mendapatkan hasil yang dituju.


Kata Kunci: Penilaian Kapabilitas, COBIT 5 dan ITIL V3 2011, Service Operation, Process Assessment Model (PAM).


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
-
Publisher
Indralaya : Fak. Ilmu Komputer., 2019
Collation
xvi, 127 hlm. : ilus. + CD
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Jurusan Sistem Informasi
Penilaian Kapabilitas
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search