Text
Penilaian Kapabilitas Layanan Sistem Informasi Service Desk Ti Menggunakan Cobit 5 Dan Itil V3 2011 (Studi Kasus: Pt Bukit Asam Tbk)
Pelayanan di PT Bukit Asam Tbk menerapkan dan memanfaatkan teknologi
informasi dalam melakukan proses operasional. Salah satu proses operasional
dalam bentuk layanan yaitu Sistem Informasi Service Desk TI yang digunakan
untuk mencatat dan memonitor keluhan atau permasalahan user (pegawai) PT Bukit
Asam Tbk. Kendala yang terjadi, sistem informasi ini belum berjalan dengan
optimal karena masih sering terjadi keluhan atau permasalahan, user langsung
menghubungi teknisi sehingga menyebabkan data tidak ter-record. Maka dari itu
dilakukan penilaian kapabilitas menggunakan COBIT 5 dan ITIL V3 2011.
Penilaian kapabilitas adalah mengukur kemampuan dari organisasi, departemen,
orang dan sistem untuk mencapai tujuannya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini dengan melakukan wawancara dan pembagian kuesioner sesuai RACI
chart. Hasil dari pengukuran dan penilaian kapabilitas dengan melakukan pemetaan
COBIT 5 dan ITIL V3 2011 yang difokuskan pada service operation, didapatkan 4
proses yaitu DSS01 (mengelola operasi), DSS02, (mengelola permintaan layanan
dan insiden), DSS03 (mengelola masalah) dan DSS06 (mengelola kontrol proses
bisnis) dengan hasil rata-rata berada pada level 2 (managed process). Rekomendasi
untuk dapat naik ke level 3 (established process) yaitu tujuan bisnis yang telah
dibangun harus diimplementasikan dengan terdefinisi agar tujuan proses tersebut
mendapatkan hasil yang dituju.
Kata Kunci: Penilaian Kapabilitas, COBIT 5 dan ITIL V3 2011, Service Operation, Process Assessment Model (PAM).
No copy data
No other version available