The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh strategi pembelajaran akselerasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN Negeri 1 Inderalaya Selatan

Text

Pengaruh strategi pembelajaran akselerasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMPN Negeri 1 Inderalaya Selatan

Jaka Zulkarnain - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran akselerasi dengan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP negeri 1 Indralaya Selatan”. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Selatan yang terdiri dari 5 kelas semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 177 peserta didik. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian yang terdiri dari kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 peserta didik dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data yaitu menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α=0,05). Sehingga berdasarkan perhitungan uji hipotesis hasil belajar peserta didik berupa selisih antara pretes dan postes, diperoleh perhitungan uji hipotesis untuk hasil belajar peserta didik sebesar thitung = 11,1 > tinterpolasi = 1,99. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada perbedaan pengaruh strategi pembelajaran akselerasi dengan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Hal ini juga dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar peserta didik dengan strategi pembelajaran akselerasi lebih tinggi dari pada peserta didik dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan rata-rata pretes sebesar 39 dan rata-rata postes 80. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes sebesar 41 dan rata-rata postes 75. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas eksperimen yaitu 93,75% dan kelas control 89,58%. Oleh karena itu, strategi pembelajaran akselerasi dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.8307 Jak p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
x, 56 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.8307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
IPS - hasil belajar
Strategi Pembelajaran Akselerasi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search