Text
Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Kosmetik Yang Sesuai Dengan Preferensi Kriteria Pengguna Menggunakan Metode Content – Based Filtering
Perkembangan teknologi yang saat ini meningkat juga memberikan kemajuan yang
signifikan dalam industri kosmetik di Indonesia, berdasarkan data dari Kementerian
Perindustrian (2016), pertumbuhan pasar industri kosmetik rata-rata 9,67% per tahun
dalam enam tahun terakhir (2009-2015). Diperkirakan pasar kosmetik (ukuran pasar)
adalah Rp. 46,4 triliun pada 2017. Dengan jumlah ini, dapat dilihat bahwa orang
Indonesia menggunakan sejumlah besar produk kosmetik. Produk kosmetik sekarang
menjadi persyaratan penting bagi masyarakat. Masalah yang dihadapi saat ini adalah
dalam melakukan pencarian dan pembelian produk kosmetik yang sesuai dengan
keinginan masing-masing orang, sehingga diperlukan sistem pendukung keputusan
dengan metode Content - Based Filtering yang dapat menghitung persamaan item
berdasarkan korelasi antara konten dari item dengan preferensi pengguna sebagai
perbandingan sehingga membantu pengguna mendapatkan pilihan produk kosmetik
dengan preferensi kriteria yang mereka inginkan. Kriteria untuk menentukan pilihan
kosmetik adalah jenis kosmetik, jenis kulit, penggunaan, dan harga. Hasil dari sistem
ini adalah untuk menyortir dan memberikan saran pada hasil pilihan item yang telah
dipilih oleh pengguna sesuai dengan kriteria preferensi mereka.
Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Metode Content – Based Filtering
No copy data
No other version available