Text
Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility dan leverage terhadap agresivitas pajak ( Studi empiris pada perusahaan sektor utama dan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2014-2016 )
Tujuan penelitian ini untuk menguji ada tidaknya pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility dan leverage terhadap agresivitas pajak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Stakeholder dan Hipotesis Perjanjian Utang dari Teori Akuntansi Positif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan sektor utama dan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Jumlah perusahaan yang terpilih sebagai sampel sebanyak 75 perusahaan dengan periode penelitian selama 3 tahun sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 225 sampel yang telah dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan sektor utama dan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak sedangkan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap agresivitas pajak.
Kata Kunci : Pengungkapan Corporate Social Responsibility, leverage, agresivitas pajak
No copy data
No other version available