Text
Pelaksanaan Reintegrasi bagi Anak yang Berkonflik dengan Hukum di LPKA Klas I Palembang
Untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Reintegrasi Bagi Anak yang Berkonflik Dengan Hukum Di LPKA Klas I Palembang”, skripsi ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Hasil penelitian skripsi ini menujukan bahwa: (a) Pelaksanaan Reintegrasi Anak yang Berkonflik Dengan Hukum di LPKA Klas I Palembang: (a1) Penyediaan saran pendidikan di dalam Lingkungan LPKA mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas, kelengkapan ruang belajar, ruang komputer, ruang perpustakaan;(a2) LPKA Kelas IA Palembang menyediakan sarana rekreasi seperti sarana prasarana olahraga dan hiburan, untuk sarana olahraga telah tersedia lapangan basket, futsal, jogging track, barber, catur, dan peralatan cabang atletik lainnya.; (a3) LPKA Klas I Palembang, juga memberikan kesempatan kepada keluarga, kerabat, dan teman dari Andikpas yang dibina di LPKA untuk mengunjungi para Andikpas. Dan (b) Kendala-kendala dalam pelaksanaan reintegrasi ABH di LPKA Klas 1 Palembang: (b1) faktor hukum bahwa pada tahap Reintegrasi dari Bapas Klas I mengalami kendala terkait dengan Pemahaman Diversi; (b2) faktor penegak hukum bahwa sumber daya manusia yang terbatas.Berdasarkan hal tersebut diatas, penelitian ini merekomendasikan: (a) Kendala anggaran program kerja yang tidak memadai adalah alasan yang sama diungkapkan oleh semua dinas, apabila program kerjadi jalan kan secara bersama dan berkesinambungan maka masalah pendanaan juga dapat berkolaborasi dan dapat diselesaikan, sehingga alasan tidak ada dana yang cukup dapat diatasi. (b) Program pelaksanaan kegiatan reintegrasi ABH oleh pemerintah, harus melibatkan akademisi, masyarakat, pengusaha/ pelaku usaha dan lembaga swadaya masyarakat. Dukungan dari semua lapisan masyarakatakan sangat membantu program-program kerja yang telah direncanakan oleh pemerintah.
Kata Kunci :Pelaksanaan Reintegrasi, LPKA, Anak yang Berkonflik Dengan Hukum.
No copy data
No other version available