Text
Upaya meningkatakn interaksi sosial siswa terisolir melalui konseling kelompok dengan teknik sosiodrama di SMP negeri 1 Tanjung batu
Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Terisolir melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Di SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan Interaksi Sosial terhadap siswa yang terisolir melalui layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode penelitian ini menggunakan PTBK, dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang termasuk dalam kategori terisolir dilihat dari hasil sosiometri. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan sosiometri. Data dianalisis dengan mengklasifikasikan hasil lembar observasi menjadi kategori sangat rendah, rendah, tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian tindakan ini menunjukan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan intensitas interaksi social siswa terisolir. Dari hasil observasi terdapat perubahan, sebelum tindakan dilakukan terdapat 5 siswa yang masuk kategori rendah menjadi tinggi pada siklus pertama , kemudian meningkat lagi menjadi sangat tinggi setelah dilakukan sosiodrama pada siklus kedua, sedangkan 3 orang siswa lainnya dalam kategori sangat rendah ketika belum dilakukannya tindakan, kemudian menjadi kategori tinggi setelah melalui kegiatan sosiodrama pada siklus pertama dan kedua . Hasil sosiometri yang kedua dari 8 siswa yang terisolir terdapat 3 orang yang meningkat kedalam kriteria popular, dan 4 orang siswa menjadi cukup popular, dan 1 orang masih dalam criteria terisolir setelah dilakukan tindakan dengan teknik sosiodrama pada siklus pertama dan kedua. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa konseling kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi social siswa yang terisolir.
No copy data
No other version available