The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya meningkatakn interaksi sosial siswa terisolir melalui konseling kelompok dengan teknik sosiodrama di SMP negeri 1 Tanjung batu

Text

Upaya meningkatakn interaksi sosial siswa terisolir melalui konseling kelompok dengan teknik sosiodrama di SMP negeri 1 Tanjung batu

Hasan Azhari - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Terisolir melalui Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Di SMP Negeri 1 Tanjung Batu. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan Interaksi Sosial terhadap siswa yang terisolir melalui layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode penelitian ini menggunakan PTBK, dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang termasuk dalam kategori terisolir dilihat dari hasil sosiometri. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan sosiometri. Data dianalisis dengan mengklasifikasikan hasil lembar observasi menjadi kategori sangat rendah, rendah, tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian tindakan ini menunjukan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan intensitas interaksi social siswa terisolir. Dari hasil observasi terdapat perubahan, sebelum tindakan dilakukan terdapat 5 siswa yang masuk kategori rendah menjadi tinggi pada siklus pertama , kemudian meningkat lagi menjadi sangat tinggi setelah dilakukan sosiodrama pada siklus kedua, sedangkan 3 orang siswa lainnya dalam kategori sangat rendah ketika belum dilakukannya tindakan, kemudian menjadi kategori tinggi setelah melalui kegiatan sosiodrama pada siklus pertama dan kedua . Hasil sosiometri yang kedua dari 8 siswa yang terisolir terdapat 3 orang yang meningkat kedalam kriteria popular, dan 4 orang siswa menjadi cukup popular, dan 1 orang masih dalam criteria terisolir setelah dilakukan tindakan dengan teknik sosiodrama pada siklus pertama dan kedua. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa konseling kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi social siswa yang terisolir.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
370.307 Has u 2014
Publisher
Inderalaya : ., 2014
Collation
92 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
370.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Siswa terisolir
Interaksi sosial
Konseling-sosio drama
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search