Text
Upaya mengurangi kesulitan belajar melalui konseling individu dengan teknik Self intruction di kelas VII SMP Negeri 8 Palembang
Judul Upaya Mengurangi Kesulitan Belajar melalui Konseling Individual dengan Teknik Self Instruction di Kelas VII SMP Negeri 8 Palembang. Masalah penelitian ini adalah apakah teknik Self Instruction dalam konseling individual dapat mengurangi kesulitan belajar pada siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengurangi kesulitan belajar pada siswa melalui konseling individual dengan teknik self instruction. Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan subjek penelitian berjumlah Satu orang, data diambil dengan menggunakan angket yang sebelumnya diuji validasi dan dari raport siswa sendiri dan nilai Mid semester. Data dianalisis menggunakan skor kemudian diklasifikasikan menjadi kategori rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kemudian hasil penelitian tindakan ini menunjukan bahwa layanan konseling individual dengan teknik self instruction dapat mengurangi kesulitan belajar pada siswa. Skor yang di dapat dikategorikan rendah, setelah dilakukan Konseling individual dengan teknik self instruction, skor yang di dapat pada siswa dikategorikan tinggi. Setelah siklus kedua, skor yang di dapat oleh siswa dapat meningkat menjadi sangat tinggi atau dapat disebut kesulitan belajar yang dialami siswa sudah sangat berkurang. Dapat direkomendasikan bahwa konseling individual dengan teknik self instruction dapat digunakan untuk mengurangi penyebab kesulitan belajar pada siswa.
No copy data
No other version available