Text
Strategi Pemasaran Bisnis Kedai “Kopi Pulang” Untuk Menarik Pelanggan
Budaya minum kopi menjadi hal yang cukup digemari di Indonesia saat ini. Konsumsi kopi di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Hal ini ditangkap sebagai peluang bisnis oleh beberapa pelaku usaha baik dari dari luar maupun dari dalam negeri salah satunya di kota Palembang. Para pengusaha bisnis kedai kopi di Palembang melakukan strategi-strategi pemasaran guna memenangkan pangsa pasar salah satunya yaitu kedai Kopi Pulang. Kedai Kopi Pulang menjadi perintis kedai kopi pertama yang menggunakan strategi pemasaran jasa edukasi kopi. Hal ini dinilai cukup unik karena tidak hanya menjadi tempat menikmati minuman kopi tetapi juga sebagai media komunikasi, sosialisasi dan edukasi tentang kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh kedai Kopi Pulang. Data dan informasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, studi dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi Pemasaran Bisnis Kedai Kopi Pulang telah baik, strategi pemasaran dalam teori bauran pemasaran jasa telah memenuhi kriteria berdasarkan dimensi-dimensi yang sudah dikaji di penelitian ini. Namun terdapat dimensi yang belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan pengguna seperti dimensi tempat, dan dimensi promosi.
Kata Kunci: Bisnis Kedai Kopi, Bauran Pemasaran Jasa, Promosi Penjualan, Kopi Pulang Palembang.
No copy data
No other version available