Text
Pengaruh metode pemebelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan cahaya siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Inderalaya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP N 1 Indralaya. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang diajar dengan metode penemuan terbimbing lebih besar daripada kelas kontrol yang diajar dengan metode ceramah disertai demonstrasi, dengan rata-rata gain kelas eksperimen 58 dan kelas kontrol 39. Rata – rata persentase aktivitas belajar kelas eksperimen pada tiap-tiap pertemuan 62,0%, 46,4%, 45,3% dan 64,9%. Terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan cahaya siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Indralaya. Dengan hasil uji statistik, didapat thitung > ttabel ( 4,938 > 2,003).
No copy data
No other version available