Text
Analisis Mathematical Thinking Jenis Mathematization Siswa Sman 1 Palembang Dalam Menyelesaian Soal Pemecahan Masalah
Mathematical thinking merupakan suatu proses berpikir dalam mengembangkan
sudut pandang matematika yang melibatkan kemampuan matematis lainnya
seperti modelling, reasoning, proving, symbolization, representation, abstraction,
and mathematization. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif
yang bertujuan untuk mengetahui dan mengkategorikan kemampuan
mathematical thinking tipe mathematization siswa SMA Negeri 1 Palembang
dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dengan berpedoman
pada indikator mathematical thinking dalam Karadag. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes serta analisis data
menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat
disimpulkan bahwa, dari semua jenis kemampuan mathematical thinking tipe
mathematization siswa yang dianalisis, kemampuan siswa yang paling dominan
dalam menyelesaikan soal problem-solving adalah kemampuan matematisasi tipe
formalization. Kemampuan yang kedua yaitu tipe connecting sebagai tipe
kemampuan mathematization yang cukup banyak dimiliki oleh subjek namun
tidak dominan. Adapun kemampuan mathematical thinking yang paling sedikit
muncul pada subjek adalah adalah kemampuan dengan tipe geometrization.
Namun dari ketiga soal pemecahan masalah yang diujicobakan tersebut, tidak ada
satu pun subjek yang menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan
strategi yang menggambarkan kemampuan bertipe optimization.
Kata-kata kunci : Kemampuan Mathematical Thinking, Mathematization, Soal Pemecahan Masalah.
No copy data
No other version available