Text
Pengaruh penerapan strategi pemebelajaran developmentally apropriate practice terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanjung Raja
Skripsi ini berjudul tentang pengaruh penerapan strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (Pendidikan yang patut sesuai dengan tahapan perkembangan anak) terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran PKn di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “ adakah pengaruh penerapan penerapan strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (Pendidikan yang patut sesuai dengan tahapan perkembangan anak) terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran PKn di SMP Negeri 1 Tanjung Raja?”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan penerapan strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (Pendidikan yang patut sesuai dengan tahapan perkembangan anak) terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran PKn di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Penelitian yang telah dilakukan ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Tanjung raja. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan VIII.6 sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan, adalah teknik dokumentasi, observasi dan angket, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Dari analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (Pendidikan yang patut sesuai dengan tahapan perkembangan anak) terhadap motivasi belajar siswa pada matapelajaran PKn di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Hal tersebut terbukti dari statistik melalui analisis uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel (thitung =26,958>ttabel =1,998) dengan demikian menolak Ho dan menerima Ha yang menyatakan, ada pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran Developmentally Appropriate Practice (Pendidikan yang patut sesuai dengan tahapan perkembangan anak) terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 1 Tanjung Raja
No copy data
No other version available